"Fans Page" *YouthSystem-Hiskia Sianipar

Ciri – Ciri Batu Marmer

Posted by - Hiskia Sianipar

Ciri – Ciri Batu Marmer
Marmer (Marble) adalah batuan metamorf terdiri dari mineral karbonat yang mengkristal kebanyakan kalsit dan dolomit. ahli geologi menggunkan kata marmer untuk merujuk pada batuan kapur bermetamorfosis. namun tukang batu menggunakan istilah yang lebih luas. Marmer umumnya digunakan sebagai bahan bangunan dan kerajinan seperti patung, prasasti dan lain sebagainya.
Secara Bahasa kata Marmer berasal dari bahasa yunani yaitu Marmaron dari asal kata marmaros, batu bersinar, batu kristal, mungkin kata kerja marmairo, berkilau atau bersinar. ini juga merupakan dasar untuk kata marmer dalam bahasa inggris marmoreal yang berarti seperti marmer.
Ciri – ciri batu marmer utama: campuran warna yang berbeda-beda, dapat mempunyai pita-pita warna, kristal-kristalnya sedang sampai kasar, bila di tetesi asam mengeluarkan bunyi mendesis. Cara terbentuknya : terjadi bila batu kapur mengalami perubahan suhu dan tekanan tinggi.
 Berdasarkan ciri fisik marmer adalah batuan yang dihasilkan dari metamorphosis batuan karbobat sedimen, paling sering kapur dolomit atau rockmetamorfosis menyebabkan rekristalisasi dari butiran karbonat asli. Batu marmer yang dihasilkan biasanya terdiri dari sebuah mosaik kristal karbonat. Tekstur sedimen primer dan struktur batuan karbonat asli (protolith) yang biasanya sudah diubah atau dihancurkan.
Marmer putih yang murni adalah hasil dari metamorfosis dari (silikat) dangat murni batu kapur atau dolomit protolith. Karakteristik dan vena banyak jenisnya dan motifnya karena marmer terkena kotoran berbagai mineral seperti tanahliat, pasir, oksida besi dan rijang yang pada awalnya hadir sebagai butir atau lapisan dalam batu kapur.
Warna hijau pada batuan marmer itu sering di sebabkan oleh serpentin yang di hasilkan dari batu kapur dan magnesium awalnya tinggi atau dolostone dengan kotoran silika. kotoran ini telah di mobilisasidan rekrsitalisasi oleh tekanan intens dan panas metamorfisme tersebut.
Marmer biasanya di gunakan sebagai kerajinan seperti prasasti marmer dan patung marmer. Marmer Putih telah digunakan dalam patung berharga sejak jaman klasik. Preferensi ini harus digunakan dengan kelembutan, isotopi relatif dan homogenitas, dan resistensi relatif terhadap penghancuran. Juga indeks bias rendah kalsit memungkinkancahaya untuk menembus beberapa milimiter kebatu sebelum tersebar keluar, sehingga tampilan dari karakteristik lilin memberi “hidup” dari patung marmer yang dibuat. selain itu marmer juga digunakan sebagai bahan dalam konstruksi bangunan baik interior maupun ekstrior seperti lantai, dinding dan lain-lain.


Join us:

Enjoy this article? Get Free Updates