"Fans Page" *YouthSystem-Hiskia Sianipar

Riwayat Hidup Pendiri Perusahaan AMD - Jerry Sanders

Posted by - Hiskia Sianipar

Biografi Jerry Sanders - Pendiri Perusahaan AMD


Biografi Jerry Sanders - Pendiri AMD
Anda pasti mengenal atau pernah mendengar perusahaan bernama AMD (Advanced Micro Devices) .Inc, ya sebuah perusahaan semikonduktor pembuat prosesor komputer terbesar kedua di dunia setelah Intel. Produk dari AMD adalah mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem. Pendiri Perusahaan AMD (Advanced Micro Devices)adalah Jerry Sanders. Ia terlahir dengan nama lengkap Walter Jeremiah Sanders IIIyang dilahirkan pada tanggal 12 September 1936 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Jerry Sanders III dibesarkan oleh kakek-nenek dari ayahnya. Waktu kecil dia pernah diserang dan dipukuli oleh gang jalanan. Dia masuk ke Universitas Illinois di Urbana-Champaign atas beasiswa dari Pullman railroad car company. Dia lulus sebagai sarjana dalam bidang teknik pada 1958. 

Setelah lulus dia bekerja di Douglas Aircraft Company. Dia kemudian pindah ke Motorola, kemudian ke Fairchild Semiconductor. Dia dikenal sebagai salah satu penjual terbaik di Fairchild pada tahun 1960-an dan dikenal karena gayanya dan pujiannya. Pada 1968 Sherman Fairchild membawa tim manajemen baru ke dalam Fairchild Semiconductor, dipimpin oleh C. Lester Hogan, yang pada saat itu merupakan wakil presiden dari Motorola. Pasukan dari Motorola dikenal sebagai "Hogan's Heroes" sangat konservatif dan tidak lama kemudian berbenturan dengan gaya Sander yang bersemangat tinggi. Laki-laki lulusan University of Illinois bidang Electrical Engineerig tahun 1958 ini, ternyata juga berfikir kritis. Dia tak takut dengan gemuruh nama Intel di pasaran prosesor dunia. Ketika perusahaan Intel itu meluncurkan prosesor pentium (Intel 8080). Sanders juga dengan mati-matian memerjuangkan agar bisa mendapatkan teknologi itu, maka ketika Vinod Dham, pemimpin proyek Pentiumnya Intel ada pertikaian-pertikaian kecil dengan beberapa orang Intel, maka segera saja Sanders menawari laki-laki asli India itu untuk mengarap prosesor yang kemudian diberi nama K6. 

Pada 1969 sekelompok insinyur Fairchild memutuskan untuk memulai sebuah perusahaan baru, yang menjadi Advanced Micro Devices (AMD). Mereka meminta Jerrry Sander untuk bergabung bersama mereka, dan dia bilang dia setuju, dnegan syarat dia menjadi presiden perusahaan tersebut. Meskipun terjadi banyak ketidaksetujuan dalam kelompok tersebut, namun mereka setuju dan perusahaan baru itu dibentuk dengan Sanders sebagai Presiden.

Biografi Jerry Sanders - Pendiri AMD

Sanders menjalankan gayanya dalam posisinya sebagai CEO dari AMD. Dia tetap menjadi penjual yang ahli perusahaan tersebut, selalu hadir dalam negosiasi yang berat dan mendekati mereka. Dia suka mengunjungi kantor Los Angeles dekat Hollywood dan tinggal di Hotel Hilton di Beverly Hills. Sanders selalu ingin menghasilkan uang, tetapi dia juga sadar bahwa kunci untuk mendapatkan kekayaan adalah dengan membuat orang di AMD juga mendapatkan banyak uang juga. Semakin dia kaya, dia juga memberikan kekayaannya dengan royal kepada pegawainya. Pada akhir kwartal pertama dimana perusahaan mereka menghasilkan $1 juta, Sanders berdiri di pintu perusahaan dan memberikan selembar $100 ke seluruh pegawainya pada saat mereka meninggalkan kantor. Seluruh pegawain di perusahaan tersebut mendapatkan pilihan saham, sebuah inovasi besar pada saat itu.

Sanders membuat orientasi penjualan dan pemasaran yang kuat bagi

perusahaan tersebut, sehingga perusahaan tersebut cukup sukses meskipun sedikit di belakang pesaingnya dalam teknologi dan produksi. Dia membagi kesuksesan perusahaannya dengan pegawai, biasanya bertepatan dengan pencapaian target penjualan. Suatu waktu, saat target penjualan tercapai, perusahaan mengadakan undian di antara para pegawai, dan seorang pekerja produksi imigran di Sunnyvale, California memenangkan $1000 per bulan selama 20 tahun (AS$ 240.000).

Dia juga mendorong perusahaan di saat-saat sulit. Pada 1974, ketika resesi yang parah terjadi hampir membuat perusahaan bangkrut, namun sebuah kontrak penjualan dengan salah satu distributor perusahaan menyelamatkan perusahaan tersebut. Meskipun banyak terjadi resesi yang sulit dia menolak untuk memberhentikan para pekerja. Bukannya memotong jumlah karyawan, dia meminta para pekerja untuk bekerja hari Sabtu untuk menghasilkan lebih banyak dan menghasilkan produk baru lebih cepat. Pada 1982, dia berhasil mendapatkan perjanjian lisensi dengan Intel yang membuat AMD sebuah sumber kedua bagi IBM untuk seri mikroprosesor Intel, sebuah perjanjian yang akhirnya membuat perusahaan ini satu-satunya pesaing nyata bagi Intel. Pada 2000, Sanders mengambil Héctor Ruiz, yang pada saat itu merupakan presiden sektor produksi di Motorola, untuk melayani sebagai presiden AMD dan CEO, dan menjadi penerus untuk memimpin perusahaan tersebut pada saat Sander pensiun. Ruiz menggantikan posisi Sanders sebagai CEO pada 2002.

Peperangan antara AMD dan Intel memang di banyak bidang, yang paling mencolok adalah di kelas Z-80 (AMD) yang merupakan tonggak akan dimasukinya generasi Pentium. Saat itu AMD memang tergpgoh-gopoh dengan diluncurkannya prosesor Intel di atas 486 yaitu 586. Kalau dari AMD yaitu Z-80 didisain oleh Federico Faggin, yang mengklaim bahwa prosesor yang ia bikin lebih unggul dan memiliki dua alasan sederhana, yaitu harga dan performa, jika dibandingkan 586 nya Intel. Namun prosesor yang dimiliki oleh Intel (586), buah karya Vinod. AMD mengumumkan merger dengan ATI Technologies pada tanggal 24 Juli 2006. AMD dibayar $ 4300000000 tunai dan 58 juta saham dari saham dengan total sebesar US $ 5,4 miliar. Merger diselesaikan pada tanggal 25 Oktober 2006 dan ATI sekarang merupakan bagian dari AMD.

Biografi Jerry Sanders - Pendiri AMD

Saat itu dilaporkan pada bulan Desember 2006 bahwa AMD, bersama dengan saingan utama dalam industri grafis Nvidia, menerima panggilan dari pengadilan dari Departemen Kehakiman tentang kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis, termasuk tindakan memperbaiki harga. Pada bulan Oktober 2008, AMD mengumumkan rencana untuk spin off operasi manufaktur dalam bentuk usaha patungan bernilai miliaran dolar dengan Advanced Technology Investment Co, sebuah perusahaan investasi yang dibentuk oleh pemerintah Abu Dhabi. Usaha baru ini disebut GlobalFoundries Inc. Hal ini akan memungkinkan AMD untuk fokus hanya pada desain chip.

Selama ini juga prosesor AMD dikenal lebih murah, dan itu pula yang sering dimanfaatkan AMD untuk lebih meraup pasar. Terbukti memang berhasil karena AMD sukses untuk beberapa pasar Asia . Rupanya itu membuat Intel "ketar-ketir", sehingga dia kemudian berancang-ancang membuat prosesor dengan harga yang murah namun memiliki kecepatan tinggi, walau kualitasnya memang tak sebagus yang sudah muncul terlebih dahulu. 

Beberapa produk mikroprosesornya yaitu:
  • Turion 64
  • Duron
  • Sempron
  • Kryptonite (K5)
  • NexGen (K6/K6 MMX/K6-2/K6-3)
  • Athlon (K7)
  • Opteron (AMD64/K8)
  • Athlon64 (K8L)
  • Phenom (K10)

Enjoy this article? Get Free Updates